+6281 911 911 301

Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya bagi Website

Di dalam dunia internet khususnya website, baik itu pelaku usaha yang menggunakan website ataupun blogger yang mencari rejeki melalui internet hendaknya mengetahui atau paling tidak mengenal indeksasi mesin pencari.

Sebelum lebih jauh melangkah ke arah indeksasi mesin pencari, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dimana beberapa hal ini akan anda gunakan sebagai modal pemahaman untuk pembahasan selanjutnya. Beberapa hal yang saya maksud yaitu sebagai berikut:

  1. Web Browser adalah tools atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan browsing atau penjelajahan dalam internet. Contoh dari web browser adalah Google Chrome, Internet Explorer, Mozila Firefox, UC Browser, Opera, dll.

  2. Mesin pencari (search engine) adalah tools yang digunakan untuk melakukan pencarian data di internet. Di dalam mesin pencari anda dapat memasukkan keyword yang ingin anda cari pada kotak pencarian untuk mendapatkan informasi yang berupa data, gambar, atau bahkan video. Informasi yang ditampilkan adalah informasi yang memiliki relefansi dengan keyword yang dicari dan diurutkan berdasarkan metode tertentu disesuaikan dengan algoritma yang diterapkan oleh mesin pencari yang bersangkutan. Contoh daripada mesin pencari yaitu Google, Yahoo, Bing, dan Yandex.

  3. Kata kunci (keyword) adalah kata atau frase yang dipakai sebagai kunci pencarian untuk mendapatkan informasi relefan terkait topik yang diinginkan.

  4. Pencarian dalam hal ini adalah proses untuk mendapatkan informasi tertentu di dalam internet dengan bantuan mesin pencari.

  5. Hasil pencarian adalah informasi yang berupa data, gambar, atau video yang memiliki relefansi dengan keyword. Setiap hasil pencarian akan dihubungkan ke link sumber yang membahas atau mengulas tentang keyword yang dicari. Link sumber yang saya maksud disini adalah link yang mengarah ke subuah artikel atau halaman dari sebuah website atau blog.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas maka anda dapat mempelajari terkait indeksasi mesin pencari. Saya akan menjelaskan artikel ini melalui gambaran atau analogi-analogi tertentu terkait indeksasi mesin pencari. Untuk mempermudah pemahaman simak beberapa pertanyaan dan jawaban berikut.

Kenapa perlu indeksasi mesin pencari?

Pertanyaan mengenai kenapa perlu dilakukan indeksasi adalah pertanyaan yang muncul ketika seseorang baru memiliki website atau blog atau masih awam dengan mesin pencari. Perlu diketahui indeksasi adalah salah satu bentuk pengakuan dari mesin pencari seperti contoh google terhadap website dan seluruh konten yang ada di dalam website tersebut.

Seluruh konten dalam hal ini yaitu semua halaman yang secara aturan diizinkan untuk dilakukan pengindeksasian. Bisanya halaman yang diizinkan untuk dilakukan indeksasi oleh pemilik atau pembuat website adalah halaman yang memiliki nilai “index” atau “follow” pada meta robots. Sedangkan halaman yang memiliki meta robots “noindex” tidak akan pernah dilakukan indeksasi oleh mesin pencari.

Kembali lagi ke pertanyaan mengenai kenapa perlu dilakukan indeksasi oleh pencari yaitu bertujuan agar halaman dari website yang kita miliki dapat tergabung dalam database google sehingga halaman tersebut akan ikut serta dalam hasil pencarian google.

Dari keikutsertaan pada hasil pencarian google tersebut, maka website anda akan ikut berkopetisi dengan website lainnya untuk mendapatkan posisi terbaik dalam pencarian. Dari sisi mesin pencari, adanya kompetisi ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang relefan kepada pengguna mesin pencari terhadap keyword yang dicari. Pada hal ini kualitas website terutama dari sisi konten website dan kemudian ditambah lagi dengan optimasi secara onpage atau offpage menjadi faktor penentu dari posisi artikel dalam pencarian.

Kondisi di atas akan jauh berubah jika anda menggunakan layanan iklan yang disediakan oleh mesin pencari. Dalam hal ini uang yang menentukan posisi dari website atau artikel anda.

Alasan lain kenapa indeksasi itu penting yaitu karna dari sinilah anda akan mulai mendapat pengunjung baru. Kenapa bisa begitu? Alasannya sangat sederhana, yaitu terkait dengan karakteristik pengguna mesin pencari. Website yang terindeks mesin pencari akan lebih berpeluang tampil pada halaman pertama. Jika dikaitkan dengan karakteristik pengguna mesin pencari maka sudah pasti pengguna akan melihat hasil pencarian pada page 1 sampai page 5. Jika website anda atau artikel anda pada posisi tersebut maka anda akan mendapat kemungkinan untuk dikunjungi dan akan menjadi berbeda jika website anda berada pada posisi yang jauh di bawah mungkin ada di page 100.

Dengan beberapa alasan tersebut maka indeksasi itu penting untuk di dapat untuk setiap halaman website.

Bagaimana cara kerja indeksasi mesin pencari?

Cara kerja indeksasi mesin pencari yaitu dengan melakukan perayapan (crawl) terhadap setiap halaman dari sebuah website yang dilakukan oleh bot mesin pencari. Istilah perayapan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah proses analisa dan pencatatan yang dilakukan oleh bot mesin pencari.

Analisa dan pencatatan ini digunakan untuk memperbaharui data yang dimiliki mesin pencari sesuai dengan data terkini yang ada pada setiap website. Di dalam proses perayapan akan dilakukan penilaian terhadap konten website sehingga ada pelaporan-pelaporan khusus yang diberikan mesin pencari kepada kita melalui web master tools.

Penilaian diberikan untuk meningkatkan kualitas website apabila di dalam website tersebut terdapat bagian yang tidak sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh mesin pencari. Disamping itu, penilaian ini juga bisa bersifat informasi mengenai berapa banyak halaman yang telah diindeks oleh mesin pencari yang bersangkutan, dengan kata lain kita bisa melakukan upaya-upaya tertentu dengan cepat apabila terdapat halaman yang belum terindeks mesin pencari.

Apakah perlu dilakukan indeksasi di semua mesin pencari?

Perlu atau tidaknya indeksasi untuk semua mesin pencari sangat dipengaruhi oleh kebutuhan anda sendiri. Maksudnya adalah anda yang berhak untuk menentukan apakah website anda perlu dilakukan indeksasi oleh semua mesin pencari atau hanya perlu untuk mendaftarkan pada beberapa mesin pencari saja.

Saran saya di sini yaitu cari informasi mengenai berapa banyak pengguna dari setiap mesin pencari yang ada dan memilih beberapa mesin pencari terpopuler. Tujuannya hanya satu yaitu untuk memenuhi target pasar yang anda incar. Maksudnya seperti ini, jika salah satu mesin pencari yang banyak penggunanya berasal dari luar negeri dan target pasar yang anda incar adalah wilayah Indonesia maka anda tidak perlu mendaftarkan website anda ke mesin pencari tersebut.

Bagaimana cara agar cepat terindeks mesin pencari?

Cepat dalam hal ini bukanlah sekarang publikasi maka langsung terindeks oleh mesin pencari. Ada tutorial yang menyatakan indeksasi hanya butuh beberapa detik, saya rasa tidak seperti itu. Alasan saya mengatakan hal tersebut adalah karena saya membuktikan dengan data yang diberikan oleh google yang menyatakan belum semua halaman terindeks oleh google. Dari total 44 link yang ada di sitemap hanya 42 yang terindeks google. Walaupun saya sudah mensubmit permintaan kepada google untuk dilakukan indeksasi.

Menurut pandangan saya, perlu adanya kunjungan bot mesin pencari untuk melihat dan memperbaharui data yang dimiliki mesin pencari terkait konten website. Langkah untuk memudahkan bot mesin pencari dalam memetakan website anda dan memudahkan mengindeks semua halaman yang anda miliki yaitu dengan menambahkan sitemap pada website anda.

Baca juga: Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap 

Selebihnya terkait cara mempercepat indeksasi mesin pencari dapat dibaca pada artikel dari website lain terkait trik dalam mempercepat indeksasi mesin pencari.

Penutup

Demikian artikel mengenai pengenalan mesin pencari dan peranannya bagi website anda, semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada anda terkait indeksasi mesin pencari.


Artikel Terkait

begini cara mengelola website bagi pemula
Dipublikasikan
2 May 2018

Begini Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Mengetahui cara mengelola website adalah salah satu syarat bagi admin website ataupun blogger. Ketahui lebih jauh cara mengelola web bagi pemula dengan mengunjungi artikel ini.
Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
peranan struktur data website
Dipublikasikan
15 Mar 2018

Peranan Struktur Data (JSON-LD dan Microdata) Bagi Mesin Pencari

Struktur data JSON-LD merupakan struktur data pada website yang direkomendasikan oleh Google. Ketahui lebih jauh peranan struktur data JSON-LD ini dengan mengunjungi artikel ini.
Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website
Dipublikasikan
8 Feb 2018

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Mengetahui cara kerja mesin pencari dapat membantu dalam mengoptimasikan website & blog anda. Ketahui cara kerja mesin pencari dan kaitannya dengan web anda dari artikel ini.
Amankan Web dan Amankan Posisi Pencarian Google dengan SSL
Dipublikasikan
28 Dec 2017

Amankan Web dan Amankan Posisi Pencarian Google dengan SSL

SSL selain digunakan sebagai pengaman data bisa juga dipakai sebagai penguat posisi pencarian di Google. Ketahui pengaruh SSL pada SEO website anda dengan mengunjungi artikel ini.
cara optimalkan meta description
Dipublikasikan
14 Nov 2017

Optimasi Meta description untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung di Impresi Pertama

Lakukan optimasi meta description untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk website anda. Ini adalah sebuah impresi pertama ketika user melihat website dalam hasil pencarian.