+6281 911 911 301

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Pengertian Mesin Pencari,

Search engine atau mesin pencari adalah tools yang digunakan untuk melakukan pencarian data atau informasi yang tersebar pada jutaan website yang berada pada jaringan internet. Dengan menggunakan mesin pencari maka anda akan lebih mudah dan cepat dalam mencari informasi yang diinginkan baik dalam proses pencarian data seperti sebuah artikel, gambar, file, maupun video.

Manfaat mesin pencari

Hanya dilihat dari namanya yaitu mesin pencari atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan search engine, dengan sekilas anda dengan mudah mengetahui manfaat dari mesin pencari. Mesin pencari mempunyai manfaat yaitu untuk mempermudah dan mempercepat proses pencarian data di internet.

Coba anda bayangkan jika tidak ada mesin pencari, untuk mendapat satu informasi maka anda harus berkunjung dulu ke berbagai website, dimana website tersebut belum tentu memiliki informasi yang anda inginkan. Ditambah lagi jika alamat website yang membahas terkait informasi yang anda butuhkan tersebut tidak anda ketahui, sudah tentu anda tidak akan mendapat informasi yang anda butuhkan.

Dengan bantuan mesin pencari, anda cukup mencari pada database milik mesin pencari yang anda gunakan, maka anda akan mendapat informasi yang anda inginkan.

Kaitan Website dengan Mesin Pencari

Setelah memahami pengertian dan manfaat dari mesin pencari, lalu bagaimana kaitan website dengan mesin pencari?

Secara konsep, website adalah sumber informasi dari mesin pencari. Dimana dalam hal ini, seseorang akan mempublikasikan halaman web yang berisikan gambar, video, file maupun artikel yang nantinya akan berguna bagi pengguna internet yang lain.

Setiap halaman yang di publikasikan melalui website akan di index oleh mesin pencari untuk dapat ditampilkan pada hasil pencarian. Proses index ini adalah proses pencatatan yang dilakukan mesin pencari pada database yang mereka miliki.

Dari proses index ini, maka akan didapatkan kumpulan data atau informasi yang nantinya digunakan mesin pencari dalam menampilkan hasil pencarian. Melalui algoritma tertentu yang dimiliki oleh mesin pencari, kata kunci yang berupa kata, frase, maupun kalimat dapat menampilkan informasi yang relefan dan bisa menjawab kebutuhan yang ada.

Baca juga: Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya Bagi Website.

Bukan hanya sebatas melakukan index terhadap konten dari halaman website, mesin pencari melakukan lebih banyak pencatatan mengenai kebiasaan pengguna internet dalam melakukan pencarian data. Proses pencatatan inilah yang kemudian digunakan mesin pencari untuk menyimpulkan berapa banyak pengguna internet yang mencari sebuah kata kunci dan bagaimana kaitan kata kunci tersebut dengan kata kunci lain atau yang sering disebut dengan LSI keyword.

Dengan beberapa penjelasan di atas, antara website dan mesin pencari memiliki kaitan dimana kedua belah pihak saling diuntungkan. Dalam hal ini mesin pencari mendapatkan data dan website mendapatkan pengunjung.

Contoh atau macam-macam mesin pencari

Bagi anda yang saat ini baru mengenal tentang mesin pencari, berikut beberapa contoh atau macam-macam mesin pencari populer yang bisa anda gunakan.

  1. Google
  2. Bing
  3. Yahoo
  4. Yandex

Selain ke empat mesin pencari di atas, masih ada banyak mesin pencari yang bisa anda gunakan dalam melakukan pencarian data di internet.

Cara Kerja Mesin Pencari

Untuk memperjelas bagaimana cara mesin pencari bekerja dalam menghasilkan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan, maka pada bagian ini saya akan mencoba menjelaskan kepada anda bagimana cara kerja mesin pencari secara umum.

Sebenarnya proses sebelum sebuah halaman website tampil dalam hasil pencarian melewati beberapa tahapan yang membuat mesin pencari menampilkan halaman web tersebut dalam hasil pencariannya.

Di awal siklus, anda akan diharuskan untuk mendaftarkan website anda ke salah satu atau beberapa mesin pencari yang anda inginkan. Dari proses pendaftaran ini akan menghasilkan sebuah kode verifikasi yang menandakan kepemilikan dari halaman website. Anda diwajibkan untuk meletakkan bait kode verifikasi mesin pencari pada bagian-bagian tertentu sesuai dengan jenis kode verifikasi yang anda pilih.

Setelah proses verifikasi sukses, anda akan melakukan beberapa konfigurasi pada halaman Web Master Tools dari setiap mesin pencari tempat anda mendaftarkan website. Yang terpenting dalam bagian ini adalah, anda melakukan pengiringan sitemap atau peta situs ke web master tools.

Baca juga: Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap.

Sitemap akan membantu mesin pencari dalam melakukan index dari halaman website anda. Jadi pastikan anda telah mengirimkan sitemap pada web master tools mesin pencari anda.

Setelah beberapa tahapan di atas, saat inilah mesin pencari mulai bekerja dalam melakukan index dan perengkingan. Dengan bantuan sitemap, bot mesin pencari dapat mulai merayapi setiap halaman yang ada pada sitemap. Proses perayapan ini adalah proses pencatatan data konten dari sebuah halaman website yang kemudian dicatat dalam database milik mesin pencari.

Baca juga: Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog.

Jika halaman website anda telah ter-index maka halaman website anda secara otomatis sudah terdaftar ke direktori mesin pencari. Dengan hal ini, website anda akan dilakukan perengkingan berdasarkan algoritma yang dimiliki oleh masing-masing mesin pencari.

Proses perengkingan ini akan menilai seberapa sesuai sebuah halaman website untuk sebuah kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Dalam hal ini banyak faktor yang mempengaruhi posisi rengking website dalam hasil pencarian.

Proses perengkingan mesin pencari sangat dinamis, akan berubah setiap saat sesuai dengan algoritma yang diterapkan dan sesuai dengan faktor internal website dan faktor eksternal website.

Kesimpulan

Mesin pencari merupakan sebuah tools yang berfungsi untuk mencari data di internet dimana sebagian besar data bersumber dari website yang terhubung melalui jaringan internet. Untuk bisa menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna, mesin pencari membutuhkan proses index yang bertujuan untuk menambah atau memperbaharui direktori data yang ada. Dengan semakin beragamnya data, maka mesin pencari dapat menampilkan informasi yang relefan melalui sebuah algoritma. Karena banyaknya data yang ada, maka mesin pencari melakukan perengkingan untuk menampilkan data yang paling relefan dengan kata kunci.

Demikian artikel tentang Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website, semoga dapat membantu anda dalam mengenal lebih jauh cara kerja mesin pencari. 

Untuk memperjelas pemahaman anda, berikut saya sertakan video tentang bagaimana mesin pencari itu berkerja.

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Artikel Terkait

Keuntungan Menjadi Blogger
Dipublikasikan
4 Jan 2018

Keuntungan Menjadi Blogger dan Cara Mendapatkan Keuntungan dari Blog

Menjadi seorang blogger tentunya akan memiliki keuntungan dan kerugian. Kenali keuntungan menjadi blogger dan kerugiannya melalui artikel ini.
Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya bagi Website
Dipublikasikan
18 Nov 2017

Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya bagi Website

Pahami lebih jauh mengenai peranan dan manfaat dari proses indeksasi website oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya.
Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website
Dipublikasikan
29 Oct 2017

Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Anda membutuhkan tools atau aplikasi untuk pantau kualitas website anda? anda dapat membaca artikel ini.
Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap
Dipublikasikan
13 Nov 2017

Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap

Mudahkan google bot dalam memetakan website anda melalui sitemap sehingga artikel anda akan lebih mudah untuk di index.
Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
peranan struktur data website
Dipublikasikan
15 Mar 2018

Peranan Struktur Data (JSON-LD dan Microdata) Bagi Mesin Pencari

Struktur data JSON-LD merupakan struktur data pada website yang direkomendasikan oleh Google. Ketahui lebih jauh peranan struktur data JSON-LD ini dengan mengunjungi artikel ini.