+6281 911 911 301

Begini Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Tahukah anda jika mengelola website tidak serta merta hanya menjaga agar website dapat diakses dengan baik atau hanya sekedar diperpanjang setiap tahunnya. Perlu adanya cara mengelola website yang mengkhusus agar website tersebut bisa bersaing di mesin pencari.

Melalui artikel ini, mahadisuta.com mencoba menguraikan kepada anda tentang cara mengelola website bagi pemula. Bagi pemula tentunya perlu banyak pemahaman agar pengelolaan yang anda lakukan dapat menghasilkan atau mencapai tujuan yang anda inginkan. Entah tujuan tersebut berupa banyaknya kunjungan di setiap halaman ataupun adanya pembelian dari produk yang anda tawarkan di website anda.

Sebelum lanjut pada bagian cara mengelola website bagi pemula, saya akan menjelaskan tentang beberapa hal yang penting untuk anda pahami terutama tentang cara kerja mesin pencarian secara umum. Kenapa hal ini perlu anda pelajari? Hal ini dikarenakan setiap pengelolaan yang anda lakukan terhadap website anda, akan selalu berkaitan dengan hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, maupun Yahoo. Semakin baik posisi halaman di hasil pencarian dari mesin pencari maka akan mengindikasikan bahwa pengelolaan anda sudah berhasil atau sudah tepat.

Proses sederhana dari mesin pencari dalam melakukan penampilan hasil penelusuran yaitu dimulai dari proses indexing. Proses indexing diawali dengan proses pendaftaran dari pemilik website. Jadi jika anda ingin di index oleh mesin pencari, maka anda harus mendaftarkan website anda ke mesin pencari yang anda inginkan. Anda akan diberikan code verifikasi dari mesin pencari untuk dipasang di website anda.

Setelah proses pemasangan code verifikasi yang sekaligus merupakan nomor unik untuk pelacakan dari mesin pencari ini selesai dilakukan. Maka website anda sudah siap untuk diindex oleh mesin pencari tersebut.

Agar mesin pencari dapat lebih mudah dalam proses index halaman web yang telah anda publikasikan, anda dapat menambahkan sitemap di website anda. Selengkapnya anda dapat membaca artikel cara memetakan website dengan sitemap ini.

Jika anda ingin mengetahui atau berdiskusi lebih banyak tentang sitemap dan cara kerja mesin pencari, anda dapat berkomentar di halaman ini.

Materi akan saya lanjutkan pada bagian cara mengelola website bagi pemula, dimulai dari menulis konten yang relefan.

Menulis konten yang relefan dengan tujuan web anda

Ketika anda memutuskan untuk membuat website, maka anda juga harus memutuskan apa saja konten yang akan ditampilkan di website tersebut. Usahakan konten yang anda publikasikan saling terkait satu sama lain.

Tujuan dari keterkaitan konten ini yaitu untuk menjaga agar topik bahasan dan kesesuaian target pengguna. Contohnya jika website anda mempromosikan tentang busana maka topik bahasan yang anda publikasikan hendaknya seputaran busana, dengan hal ini pengguna yang mengunjungi website anda akan mendapatkan informasi yang relefan dan sekaligus anda dapat mempromosikan produk anda dengan leluasa.

Mengelola konten bukanlah hal yang mudah, terutama jika anda dalam posisi pemula. Anda perlu banyak membaca dan mempraktekkan strategi-strategi dalam cara membuat artikel di website agar ramah dengan mesin pencari dan menarik untuk di baca.

Berdasarkan pengalaman saya, di awal anda akan sedikit merasa susah dalam membuat konten yang saling terkait satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya artikel yang relefan dengan topik website, maka anda dapat dengan mudah mengaitkan artikel baru anda dengan artikel sebelumnya.

Agar semuanya menjadi lebih mudah, anda dapat menggunakan Search Console (Web Master Tools) atau Google Analytics untuk mencari judul atau topik bahasa yang kiranya dapat dipakai sebagai bahan publikasi baru untuk anda. Anda dapat memanfaatkan kueri pencarian (search query) yang disajikan dalam Search Console atau Google Analytics sebagai bahan baku baru dalam pengelolaan baik berupa perbaikan dalam artikel yang sudah dipublikasikan ataupun bahan dalam membuat artikel baru.

Yang terpenting dan sering menjadi hal yang dibiasakan oleh pengelola website pemula yaitu mempublikasikan artikel yang merupakan hasil copy dari website lain. Hal ini sangat tidak baik untuk website anda. Mesin pencari seperti Google sangat menyukai konten original dan relefan dengan apa yang dicari pengguna. Dan jika anda melakukan hal ini, saya menyarankan cara yang lebih baik dalam mendaurulang artikel yang sebelumnya sudah pernah dipublikasikan.

Caranya sangat sederhana, namun bagi yang belum terbiasa akan terasa sedikit sulit dilakukan. Apalagi bagi anda yang selama ini gemarnya dengan yang instan, cara ini mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak pembiasaan untuk anda.

Bagi pemula, anda dapat mendaurulang artikel yang ada di internet dengan gaya atau penyampaian sesuai dengan yang anda miliki. Setiap orang relatif memiliki cara penyampaian yang berbeda terhadap suatu kasus yang mereka ketahui. Dari sisi inilah kita mencoba untuk membuat artikel original walaupun pada dasarnya sudah pernah dibahas oleh website yang lain.

Anda dapat membaca beberapa sumber terkait topik bahasan yang ada kemudian menuliskannya kembali ke dalam kertas kosong. Saya sarankan anda jangan membaca per paragraf kemudian menulis di kertas kosong. Jika hal ini anda lakukan maka tulisan anda akan cenderung sama. Saya menyarankan agar anda membaca secara keseluruhan dari beberapa sumber yang relefan kemudian menuliskannya tanpa bantuan dari sumber yang anda lihat sebelumnya. Anda dapat melihat sesekali sumber yang anda rujuk sebagai referensi untuk meyakinkan bahwa apa yang anda sampaikan sudah sesuai dengan yang aslinya.

Nah bagi anda yang ingin menghargai hasil karya milik orang lain, anda dapat menyertakan link aktif ke artikel yang anda pakai sebagai referensi. Ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi pemilik artikel, karena artikel yang dia publikasikan menjadi rujukan dari website lain.

Menyisipkan gambar dan video menarik

Setelah anda memahami bagaimana cara mengelola konten website, hal dasar yang perlu anda pahami (khususnya pemula) yaitu terkait manfaat dari gambar dan video yang anda sisipkan.

Dengan gambar atau video maka maksud atau tujuan yang terkandung di dalam artikel anda akan dipertegas atau diperjelas (Dalam hal ini jika gambar dan video yang anda sisipkan relefan dengan konten). Hal ini dapat berdampak positif bagi anda, karena apa yang anda sampaikan dapat dengan cepat dipahami sehingga sasaran anda dapat tercapai dengan lebih mudah.

Jika gambar atau video yang anda sisipkan merupakan sebuah promosi produk, usahakan membuat dengan semenarik mungkin. Biasanya orang lebih suka melihat sampul dahulu baru melihat isinya. Jika sampul anda baik dan menarik maka harapan untuk di klik dan dikunjungi akan semakin besar.

Untuk penyisipan video yang relefan, dapat memberikan dampak positif berupa lamanya waktu pengunjung di halaman web anda. Semakin lama pengunjung di halaman web anda dan diikuti konten yang relefan maka tingkat keberhasilan dari pengelolaan web anda akan semakin tinggi. Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung yang royal dan setia dengan konten yang anda publikasikan. Dengan hal ini sasaran pasar yang anda incar akan semakin luas.

Jadi anda dapat lebih memikirkan dan memanfaatkan gambar dan video untuk mempercepat penyampaian tujuan yang anda inginkan.


Publikasikan artikel website secara berkala

Menjaga agar publikasi artikel tetap stabil bukanlah perkara yang mudah. Terkadang kesibukan dan suasana hati menjadi salah satu alasan kuat molornya publikasi artikel.

Kenapa publikasi secara berkala itu perlu?

Alasan sederhana yang dapat mewakili yaitu untuk menjaring lebih banyak pengunjung.

Apa yang menghubungkan publikasi dengan pengunjung?

Logikanya seperti ini: artikel baru akan memungkinkan anda untuk menyisipkan lebih banyak kata kunci yang relefan dengan website anda. Dengan lebih banyaknya kata kunci yang digunakan maka akan memperbanyak kemungkinan artikel dari website anda menempati halaman pertama dari hasil pencarian. Dengan posisi tersebut maka akan meningkatkan kemungkinan adanya pengunjung yang masuk ke halaman website yang anda miliki. Ini yang nantinya akan menjadi calon pelanggan anda. Dengan manajemen yang baik, setiap pengunjung yang masuk ke halaman website anda akan berpotensi untuk menjadi pelanggan setia anda dan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jika dilihat dari sisi optimasi halaman dan mesin pencari, publikasi secara berkala dapat meningkatkan posisi hasil pencarian. Namun hal ini harus disertakan dengan konten yang berkualitas dan manajemen konten yang baik.

Dengan beberapa uraian di atas, publikasi artikel secara berkala dapat berpengaruh positif bagi website anda. Baik dari sisi banyaknya pengunjung juga dari sisi posisi hasil pencarian.

Evaluasi website dengan Search Console dan Google Analytics

Pada dasarnya yang terpenting di dalam website adalah konten yang dipublikasikan. Semakin baik konten yang dimiliki maka semakin bagus pula respon dari pengguna dan mesin pencari. Namun tidak dipungkiri kualitas website juga menjadi salah satu penentu yang tidak dapat untuk dipungkiri.

Evaluasi website merupakan cara mengelola website bagi pemula yang perlu untuk diperhatikan. Melalui perantara Search Console dan Google Analytics maka anda akan mendapatkan informasi mengenai website anda. Search Console akan membantu anda untuk memberikan laporan terkait kualitas SEO (Search Engine Optimization) dari website anda. Sehingga anda dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan dari website anda untuk dapat diperbaiki.

Jika kualitas SEO website anda sudah baik, anda dapat memanfaatkan Google Analytics untuk mengevaluasi lalulintas pengunjung yang mengunjungi website anda. anda dapat mengetahui secara detail siapa pengunjung anda (biasanya ditampilkan diakses dari negara apa, menggunakan perangkat apa, menggunakan sistem operasi apa, dll) semua dapat dilihat di sini.

Google Analytics akan sangat membantu anda untuk menganalisa seberapa berhasil optimasi yang anda lakukan. Ini ditunjukkan dengan besaran trafik dan posisi halaman pada mesin pencari.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang dua tools gratis ini dengan mencari artikel terkait di internet.

Kesimpulan

Pada dasarnya, mengelola website membutuhkan banyak percobaan yang sangat tergantung pada kasus masing-masing. Tidak ada metode yang 100% akan berhasil diterapkan dalam proses optimasi halaman di internet. Hal ini dikarenakan kita bekerja dengan robot dari mesin pencari. Sedikit kondisi yang berbeda maka akan menghasilkan hasil yang berbeda pula. Artikel ini hanya menyampaikan dasar atau cara bagi seorang pemula dalam mengelola website mereka. Dengan artikel ini saya berharap nantinya keterampilan dan pemahaman anda terkait pengelolaan website akan meningkat.

Terimakasih telah membaca artikel yang telah kami publikasikan, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam hal pengelolaan website.


Artikel Terkait

Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website
Dipublikasikan
8 Feb 2018

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Mengetahui cara kerja mesin pencari dapat membantu dalam mengoptimasikan website & blog anda. Ketahui cara kerja mesin pencari dan kaitannya dengan web anda dari artikel ini.
cara membuat artikel blog
Dipublikasikan
16 Nov 2017

Cara Membuat Artikel Website SEO Friendly dan User Friendly

Butuh artikel yang secara langsung menggambarkan cara membuat artikel dengan contoh artikel web berstandar SEO dan User Friendly? Artikel ini bisa membantu anda.
cara optimalkan meta description
Dipublikasikan
14 Nov 2017

Optimasi Meta description untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung di Impresi Pertama

Lakukan optimasi meta description untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk website anda. Ini adalah sebuah impresi pertama ketika user melihat website dalam hasil pencarian.
Membuat Tampilan Artikel Web yang Nyaman untuk Dibaca
Dipublikasikan
4 Oct 2017

Tips Membuat Tampilan Artikel Web yang Nyaman untuk Dibaca

Saat ini anda sedang membuat artikel website? anda dapat membaca artikel ini sebagai referensi.
Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website
Dipublikasikan
24 Oct 2017

Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda

Bermasalah dengan ukuran gambar saat posting ke website? anda bisa gunakan tools ini untuk melakukan resize gambar dengan cepat dan mudah.