+6281 911 911 301

Optimasi Meta description untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung di Impresi Pertama

Anda sudah mengenal meta description yang ada di website yang anda kelola? atau tahukah anda kalau meta tersebut adalah salah satu kunci dari hasil pencarian google?

Artikel ini akan menguraikan kepada anda dengan berbagai tips yang bisa dipakai untuk melakukan optimasi meta description. Tips yang akan saya sampaikan berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya dalam berkecimpung kurang lebih 6 tahun dalam dunia teknologi dan komunikasi.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pemanfaatan meta description untuk menarik lebih banyak pengunjung, izinkan saya menjelaskan sedikit tentang apa itu meta description dan tujuannya seperti apa. Mungkin dari sekian banyak pembaca artikel ini ada yang belum mengenal mengenai meta description.

Dari namanya, meta description adalah tag meta yang digunakan untuk memberikan deskripsi singkat mengenai halaman dari sebuah website.


Kenapa harus ada meta description?

Jawabannya sangat simpel yaitu untuk memudahkan mesin pencari mencari informasi yang relevan terkait kata kunci yang dicari oleh pengguna internet.

Bukannya ada meta keyword untuk menempatkan kata kunci?

Meta keyword memang ditujukan untuk menempatkan kata kunci yang ditargetkan. Dalam beberapa diskusi SEO dibahas bahwa meta keyword tidak lagi menjadi acuan mesin pencari, namun lebih mengacu meta description.

Kalau seperti itu, kenapa perlu ada keyword? Padahal meta keyword tidak lagi diperhitungkan.

Perlu diketahui peranan dari keyword dalam hal ini terlepas dari meta keyword, memiliki peranan dalam memberikan trigger atau perintah khusus kepada mesin pencari untuk mencari kata atau kalimat yang diketikkan oleh pengguna internet.

Kata atau kalimat ini kemudian diterjemahkan dan dianalisis dengan metode tertentu sehingga dapat menampilkan artikel yang paling relevan pada posisi teratas dan memberikan saran artikel lain yang mungkin relevan untuk pencarian tersebut.

Biasanya ketika melakukan pencarian yang berupa kalimat, google akan menampilkan artikel dari pecahan kata-kata yang diketikkan oleh pengguna yang melakukan pencarian.

Bisanya satu atau lebih kata akan ada di judul artikel, beberapa lagi ada di bagian deskripsi (bagian bawah title di hasil pencarian) yang ada di meta description, dan sebagian lagi diambil dari konten artikel. Antara kalimat yang ada di meta description dengan konten artikel yang memiliki kata atau kalimat yang sesuai dengan keyword akan dibatasi dengan substring (...).

Dalam beberapa pencarian yang dilakukan tidak akan menampilkan tampilan hasil pencarian seperti yang telah saya sampaikan di atas. Hasil pencarian akan berfariatif menyesuaikan dengan keyword dan keberadaan data atau informasi berkaitan dengan keyword.

Jika di dalam proses pencarian anda memasukkan judul sebuah artikel, maka kemungkinan besar artikel yang di maksud akan menempati posisi pertama.

Kenapa demikian?

Karena tag title yang ada di masing-masing website memiliki peran yang sangat penting dalam pencarian. Hal ini juga menjadi alasan kenapa pada web master tools google tidak memperbolehkan adanya kesamaan pada tag title dan meta description begitu pula pada aplikasi SEO yang banyak dijumpai di internet. Selain hal di atas kesesuaian keyword dan informasi yang ditampilkan sangat relefan, dimana semua keyword ada di tag title artikel anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat meta description

Beberapa hal ini bukanlah sebuah aturan yang valid karena semua ini merupakan hasil pengamatan yang saya lakukan selama ini. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat meta description. 

  1. Meta description ini hendaknya berisikan rangkuman atau ulasan singkat mengenai konten yang ada dan menekankan beberapa kata kunci yang ditargetkan.

  2. Meta description memiliki jumlah karakter minimal 70 karakter dan maksimal 150 karakter. Di beberapa aplikasi SEO dan mesin pencari menyarankan di bawah 150 karakter. Panjang karakter penampilan meta description yang di share ke sosial media akan lebih pendek dibandingkan dengan pencarian di mesin pencari. Jadi anda harus lebih bijak dalam merangkai kata dalam meta description sehingga karakter yang ada cukup untuk menampilkan inti bahasan di halaman yang nantinya akan ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari maupun ketika di share ke sosial media.

  3. Meta description harus berdaya tarik dan tidak boleh sama dengan halaman yang lain dalam website yang sama. Seperti yang sebelumnya dibahas di atas, tujuan dari meta description ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna mesin pencari terkait ulasan singkat terkait artikel dari sebuah halaman website. Dengan alasan tersebut meta description tidak boleh sama. Berdaya tarik dalam konteks di sini adalah memiliki bahasa atau kalimat yang memberikan daya tarik kepada pengguna mesin mencari terkait keyword yang di cari, sehingga pengguna akan merasa tertarik dan akan mengunjungi website anda untuk mendapat informasi menyeluruh.

  4. Lakukan optimasi meta description dengan menempatkan kata kunci di awal description. Tujuannya yaitu agar saat pencarian tidak terpotong saat hasil pencarian ditampilkan.

  5. Jangan jadikan meta description untuk meletakkan keyword secara berlebihan, seperti contoh semua karakter di meta description diisikan keyword yang dibidik secara berurutan. Alasan sederhana untuk hal ini yaitu karena meta description akan tampil dan dibaca oleh pengguna. Maka jadikanlah meta description yang ramah untuk pengguna bukan bersifat mengakali mesin pencari.
Demikian penjelasan dari cara mengoptimalkan tag meta description untuk menarik lebih banyak pengunjung. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengoptimalkan meta description dari website yang anda miliki.

 


Artikel Terkait

cara membuat artikel blog
Dipublikasikan
16 Nov 2017

Cara Membuat Artikel Website SEO Friendly dan User Friendly

Butuh artikel yang secara langsung menggambarkan cara membuat artikel dengan contoh artikel web berstandar SEO dan User Friendly? Artikel ini bisa membantu anda.
Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website
Dipublikasikan
29 Oct 2017

Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Anda membutuhkan tools atau aplikasi untuk pantau kualitas website anda? anda dapat membaca artikel ini.
cara mempercepat load website
Dipublikasikan
29 Apr 2018

Optimasi Bagian Ini, Maka Load Website Anda Akan Lebih Optimal

Dengan mengetahui cara mempercepat loading website maka tahap awal optimasi website anda telah tercapai. Kunjungi artikel ini dan ketahui bagian mana yang perlu anda optimasikan.
Analisa Kekuatan Web Kompetitor dengan SEOquake
Dipublikasikan
1 Jan 2018

Analisa Kekuatan Web Kompetitor dengan SEOquake

Mudahkan optimasi web anda dengan menganalisis kekuatan kompetitor menggunakan SEOquake. Tools ini sangat mudah untuk dipakai dan menampilkan informasi yang cukup lengkap.
Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya bagi Website
Dipublikasikan
18 Nov 2017

Mengenal Indeksasi Mesin Pencari dan Peranannya bagi Website

Pahami lebih jauh mengenai peranan dan manfaat dari proses indeksasi website oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya.