+6281 911 911 301

Tips Membuat Tampilan Artikel Web yang Nyaman untuk Dibaca

Artikel website merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi pengunjung website. Artikel dengan konten yang baik dan diikuti dengan tata penampilan yang baik menjadi nilai tambah bagi website anda. Selain hal tersebut tampilan artikel dapat meningkatkan waktu berkunjung pengguna internet untuk setiap artikel yang anda buat.

Pada artikel ini akan saya bagikan tips untuk membuat tampilan artikel untuk website anda, berikut tipsnya:

Perhatikan pemilihan judul dan jumlah karakternya

Judul adalah salah satu hal yang dapat menarik pembaca untuk membaca artikel yang kita buat. Dengan judul pembaca akan mengetahui pembahasan dari artikel yang kita buat. Judul hendakanya singkat dan mencangkup seluruh pembahasan dalam artikel.

Disamping nyaman untuk dibaca pembaca judul artikel pada website hendaknya juga nyaman dibaca mesin pencari. Panjang judul yang disarankan untuk artikel website adalah tidak lebih dari 70 karakter. Ini berkaitan dengan jumlah karakter yang berada di tag title pada website. Tag ini yang nantinya akan menampilkan judul artikel yang anda buat dalam mesin pencari. Dengan hal tersebut maka anda diharapkan mampu untuk membuat judul artikel dengan panjang maksimal 70 karakter.

Perhatikan panjang karakter setiap baris

Dengan memperhatikan panjang karakter untuk setiap baris pada artikel anda, maka anda telah ikut manjaga mata pengunjung website anda agar tidak cepat lelah. Artikel dengan panjang karakter untuk setiap baris yang terlalu panjang akan membuat mata pembaca cepat lelah, hal ini dikarenakan mata pengunjung akan melirik lebih jauh baik itu ke kanan dan kekiri halaman website dan secara otomatis akan cepat lelah. Dengan adanya hal tersebut, maka anda hendaknya memperhitungkan panjang karakter untuk setiap baris di artikel anda.
Sebagai bahan referensi untuk anda, untuk panjang karakter di setiap baris disarankan mulai dari 45 karakter sampai dengan 85 karakter per baris untuk tampilan desktop dan untuk mobile disarankan 35 karakter sampai dengan 50 karakter per baris.

Kemudian bagaimana cara untuk mengatur agar panjang karakter setiap baris artikel sesuai dengan yang disarankan? Caranya cukup mudah, namun akan sedikit sulit bagi anda yang kurang memahami coding html dan css. Bagi anda yang sudah memahami html dan css maka anda dapat mengatur ukuran standar untuk lebar (width) bagian konten artikel anda agar mencukupi jumlah karakter yang disarankan.

Gunakan ukuran font dan spasi yang sesuai

Penggunaan ukuran font dan spasi sangat berperan penting untuk artikel yang readability. Ukuran yang disarankan yaitu mulai dari 16px sampai dengan 18px. Ukuran yang saya sarankan adalah 18px, karena bagi saya sendiri ukuran ini sangat baik untuk di baca pada ukuran layar berukuran medium ataupun large.

Kemudian spasi untuk setiap baris (line-height) disarankan menggunakan spasi 1.5 untuk desktop dan untuk mobile menggunakan spasi 1.75.

Jangan gunakan font yang sulit untuk dibaca

Penggunaan font style yang tepat dan tidak susah untuk dibaca dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung yang berkunjung ke website anda dan sekaligus akan berakibat sebaliknya apabila penggunaan font yang terlalu ekstrim, seperti contoh penggunaan font yang menyebabkan kata atau kalimat susah untuk di baca.

Dalam hal ini, saya tidak melarang anda menggunakan font style yang anda sukai, melainkan saya menyarankan anda memakai font style yang relatif mudah untuk dibaca dengan satu kali baca tanpa harus membaca berulang kali untuk memastikan tulisan tersebut sesuai dengan maksud yang anda sampaikan dalam artikel.

Gunakan kombinasi warna font dan background yang sesuai

Warna adalah salah satu daya tarik dalam design, begitupun dengan artikel. Pewarnaan yang baik dapat menimbulkan daya tarik kepada pembaca untuk segera membaca artikel tersebut. Namun jika di dalam pewarnaan yang dilakukan, baik itu warna font atau latar belakang (background) terkesan tidak cocok atau norak maka pembaca akan berfikir untuk bergegas mencari tahu informasi yang mereka cari dan langsung meninggalkan website anda.

Idealnya dalam artikel menggunakan warna font berwarna hitam dan background berwarna putih. Namun tidak menutup kemungkinan anda dapat menggunakan kombinasi warna lain yang tidak membuat mata cepat lelah. Silakan anda melakukan kreasi hingga mendapatkan warna terbaik untuk artikel anda.

Gunakan white space untuk pemisah di artikel yang panjang

Penggunaan white space atau spasi kosong pada artikel akan membuat artikel yang panjang terkesan tidak berat untuk di baca. Ruang kosong yang dibuat akan membuat mata merasa lebih lega dibandingkan dengan artikel yang panjang dan tanpa ruang kosong sedikitpun.

Coba anda bayangkan dihadapkan dengan artikel yang penuh dengan teks tanpa ada ruang kosong. Kesan yang anda dapatkan rasakan adalah penat, mumet, dan bingung memulai membacanya dari mana.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memulainya dengan membuatkan ruang kosong yang cukup untuk membuat mata sedikit lebih lega walau membaca lebih dari 1000 kata.

Dapat dibaca secara skimming atau scanning

Artikel yang baik adalah artikel yang bisa memberikan informasi secara cepat dan tepat. Untuk membuat artikel dapat dibaca secara cepat yaitu dengan menandai inti dari pembahasan dengan memunculkannya secara mencolok, misalnya cetak tebal, cetak miring, atau mengganti warna font dengan warna yang mencolok. Semua hal tersebut tergantung selera anda untuk menggunakan apa untuk menandai inti pembahasan.

Walaupun metode membaca secara skimming atau scanning sangat bergantung atas kemampuan masing-masing orang, dengan menandai hal yang kita ingin tonjolkan dalam artikel dapat memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang sesuai.

Dengan hal ini maka secara otomatis website kita mendapat kesan baik, dimana artikel yang kita posting berkualitas dan kemungkinan besar pembaca akan berkunjung kembali jika membutuhkan informasi lain di website kita.

Cantumkan link ke artikel yang berkaitan dengan topik artikel

Link dalam artikel yang dikaitkan dengan link lain yang berada di website yang sama dapat mengurangi bounce rate website. Pencantuman link hendaknya menyangkut topik yang dibahas, sehingga kemungkinan untuk di klik akan lebih besar.

Baca juga: Orisinal Artikel Sebagai Langkah Awal Antisipasi Bounce Rate Web.

Anda dapat mencantumkan link artikel lain bilamana artikel tersebut bisa mendukung artikel yang dibaca oleh pembaca. Seperti contoh anda membahas artikel tentang website kemudian anda menyarankan kepada pembaca untuk menggunakan salah satu framework website seperti contoh wordpress. Pada saat yang bersamaan anda memiliki artikel yang berkaitan dengan wordpress, seperti contoh artikel tentang pengenalan dan instalasi wordpress. Dengan hal tersebut maka anda dapat menyertakan link artikel pembahasan wordpress di artikel website yang anda buat.

Gunakan gambar yang dapat menggambarkan artikel anda

Sebagian besar orang lebih suka gambar dibandingkan dengan tulisan. Pemahaman seseorang cenderung lebih cepat menggunakan gambar dibandingkan dengan menggunakan tulisan.

Dengan alasan tersebut maka artikel anda hendaknya mempunyai gambar yang dapat menggambarkan artikel anda, atau minimal paling tidak sesuai dengan artikel anda. Dengan gambar tersebut pembaca akan menilai inilah yang saya cari dan dilanjutkan dengan membaca artikel yang anda buat.

Jadi dapat dikatakan bahwa gunakan gambar yang baik untuk menarik kesan pertama pembaca dan gunakan artikel yang baik untuk membuat pembaca betah di website kita.

Baca juga: Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda



Demikian artikel tentang tips membuat artikel web yang nyaman untuk dibaca, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat artikel berkualitas untuk website anda.

Artikel Terkait

cara mempercepat load website
Dipublikasikan
29 Apr 2018

Optimasi Bagian Ini, Maka Load Website Anda Akan Lebih Optimal

Dengan mengetahui cara mempercepat loading website maka tahap awal optimasi website anda telah tercapai. Kunjungi artikel ini dan ketahui bagian mana yang perlu anda optimasikan.
Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website
Dipublikasikan
8 Feb 2018

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Mengetahui cara kerja mesin pencari dapat membantu dalam mengoptimasikan website & blog anda. Ketahui cara kerja mesin pencari dan kaitannya dengan web anda dari artikel ini.
Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website
Dipublikasikan
29 Oct 2017

Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Anda membutuhkan tools atau aplikasi untuk pantau kualitas website anda? anda dapat membaca artikel ini.
Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website
Dipublikasikan
24 Oct 2017

Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda

Bermasalah dengan ukuran gambar saat posting ke website? anda bisa gunakan tools ini untuk melakukan resize gambar dengan cepat dan mudah.