+6281 911 911 301

Optimasi Bagian Ini, Maka Load Website Anda Akan Lebih Optimal

Tahukah anda jika kecepatan load website dipengaruhi oleh beberapa faktor utama seperti kecepatan server, besar file, dan compresing data. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana caranya agar ketiga faktor utama tersebut dapat dioptimalkan sehingga kecepatan load website anda jauh lebih optimal dibanding sebelumnya.

Sebelumnya saya akan menjelaskan bagaimana proses download dan upload mempengaruhi kecepatan load website. Di dalam proses load halaman website pada dasarnya terdapat proses upload dan download yang terjadi. Proses ini diawali dengan adanya permintaan dari pengguna kepada server untuk menampilkan sebuah halaman website, proses permintaan dari pengguna ini berupa sinyal upload yang kemudian diproses oleh server.

Di dalam proses permintaan ini, server akan mengecek apakah halaman yang diminta bisa untuk ditampilkan atau tidak. Jika bisa ditampilkan maka server akan mengirimkan data yang sesuai untuk menampilkan sebuah halaman yang diminta oleh pengguna. Proses ini yang kemudian disebut proses download di sisi pengguna.

Baca juga: Optimalkan Meta description untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Proses download dan upload ini akan menghabiskan yang namanya bandwidth, baik dari sisi server maupun pengguna itu sendiri. Bandwidth di sisi pengguna biasanya berupa besaran quota internet yang digunakan untuk sekali load halaman website. Sedangkan untuk server berupa besaran bandwidth dari proses request hingga menampilkan informasi yang diinginkan pengguna, biasanya setiap server memiliki besaran untuk bandwidth perbulan yang bisa digunakan oleh server tersebut.

Proses download keseluruhan file dari server ke perangkat pengguna tidak akan terjadi kembali jika browser dari perangkat pengguna telah mengakses halaman yang sama sebelumnya. Proses ini disebut dengan caching, atau proses penyimpanan sumberdaya pada perangkat client. Penyimpanan cache dari halaman website ini tidaklah permanen biasanya memiliki waktu expired atau bisa juga pengguna mengatur browser-nya agar tidak menyimpan cache.

Semakin besar file yang harus di download pengguna untuk menampilkan halaman, maka akan semakin lama pula proses penampilan dari halaman website tersebut. Hal ini sama seperti saat anda men-download file dari internet dengan ukuran besar. Hal ini bisa dibandingkan dengan men-download file dengan ukuran hanya beberapa Kb saja. Tentunya terdapat perbedaan kecepatan yang signifikan dari proses download tersebut.

Dari penjelasan di atas, saya yakin anda sudah terbayang bagaimana proses dari load halaman website. Penejelasan selanjutnya akan saya lanjutkan kepada bagian mana saja yang bisa anda optimasi agar website anda bisa memiliki load yang optimal.

Kenapa saya katakan lebih optimal, bukan lebih cepat? Hal ini tergantung dari sumber daya yang anda miliki. Sumber daya yang saya maksud adalah server dan kemampuan dalam optimasi file website seperti coding, text, gambar,dll. Semua itu sangat tergantung pada sumber daya yang anda miliki.

Baca juga: Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan bagaimana tiga faktor utama yang sebelumnya saya sebutkan di awal artikel dapat mempengaruhi optimasi load website anda. saya akan memulai dengan bagaimana faktor kecepatan server memperngaruhi kecepatan load website.

Faktor Kecepatan Server

Faktor yang pertama yaitu bersumber dari kecepatan server yang anda gunakan. Pada dasarnya server sama seperti komputer pada umumnya yang menggunakan spesifikasi tertentu untuk dapat berjalan pada kecepatan tertentu.

Spesifikasi dan jenis server sangat berperan dalam kecepatan yang diberikan kepada pengguna, dalam hal ini adalah load halaman website. Jika anda menggunakan share hosting, dimana anggap saja satu komputer digunakan oleh beberapa website. Tentu saja dalam hal ini akan berpengaruh kepada kecepatan dari website di komputer tersebut. Ini terjadi karena adanya pembagian porsi dari pemrosesan data yang diproses oleh prosesor.

Jika terdapat salah satu atau beberapa website yang memiliki trafik yang cukup besar, maka ada kemungkinan akan berpengaruh ke kecepatan akses dari website anda. hal ini akan jauh berbeda jika kondisinya adalah satu komputer server untuk satu website, prioritas dari pemrosesan akan selalu berfokus pada satu website saja tanpa ada gangguan.

Dari penjelasan di atas, pemilihan atau kemampuan anda dalam menyewa server menjadi salah satu faktor yang memperngaruhi kecepatan website anda. jika anda dapat menyewa server dengan spesifikasi yang mumpuni dari sisi kecepatan akses, maka kendala dalam hal kecepatan server sudah bisa anda atasi. Dalam hal ini anda dapat melanjutkan untuk melakukan optimasi kepada file website yang anda miliki.

Faktor Besar File Website

Faktor kedua yang mempengaruhi kecepatan load website adalah besaran file yang harus di download oleh pengguna setiap kali mereka melakukan permintaan penampilan halaman web. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ini ada kaitannya kepada besar file yang harus di download pengguna ketika load halaman website.

Cara yang bisa dilakukan untuk pengoptimalan halaman website yang memiliki ukuran file yang besar yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat coding website clean, clean dalam hal ini yaitu berusaha meminimalisir kesalahan-kesalahan yang ada dan juga bisa berupa menghilangkan bait program yang pada dasarnya tidak berguna. Dengan menghilangkan bait program yang tidak berguna maka ukuran file dari website akan berkurang. Semakin bersih coding yang ada, maka semakin sedikit file yang perlu di download Anda juga dapat mengurangi penggunaan plugin dalam halaman website anda, usahakan anda menggunakan plugin yang anda perlukan saja, sisanya bisa anda musiumkan.

  2. Setelah semua coding dianggap sudah bersih dari error dan bait program yang tidak dibutuhkan maka anda dapat melakukan minify atau proses mengecilkan ukuran file coding dengan cara menghilangkan karakter seperti spasi maupun tag komentar yang ada di dalam coding. Hal ini dapat menurunkan besar file dari coding yang anda miliki.

  3. Setelah seluruh coding sudah anda optimalkan, langkah selanjutnya yaitu dengan cara mengoptimasi file gambar atau video yang ada di dalam website anda. Pengoptimalan file gambar dapat dilakukan dengan menurunkan resolusi atau menurunkan kualitas gambar yang anda miliki. Anda dapat memilih cara yang mana yang anda ingin gunakan dan anda juga dapat mengkombinasikan penurunan resolusi dan kualitas secara bersamaan. Saya sarankan ukuran file gambar untuk satu gambar tidak lebih dari 150Kb, kalau bisa dibawah 100Kb. Sedangkan untuk video, anda dapat memanfaatkan youtube sebagai sarana untuk menyimpan file video yang anda miliki dan mengaitkannya ke website anda. dengan hal ini maka server anda tidak akan terlalu terbebani.

Baca juga: Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda


Faktor Compressing

Faktor yang terakhir yang menurut saya perlu anda gunakan untuk mengoptimalkan besaran file yang nantinya di download pengguna saat membuka halaman website anda yaitu faktor compressing.

Jika website tersebut memiliki compressing saat proses pengiriman data dari server menuju ke client (pengguna) maka ukuran yang di download akan relatif lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Hal ini dikarenakan ada proses compressing dan decompressing yang terjadi.

Proses compressing akan membuat ukuran file baik itu coding maupun file lain berupa gambar, text, atau video menjadi lebih kecil. Hal ini terjadi karena proses compressing akan mengubah format file yang dikirim menjadi format tertentu kemudian di kembalikan kembali kepada format aslinya (decompressing) ketika sampai di pengguna.

Dengan compressing ini file coding, gambar, text, atau video yang sudah optimal dapat dioptimalkan kembali. Biasanya salah satu compressing yang sering digunakan yaitu gzip compression. Anda dapat mengaktifkannya pada sever anda dengan mudah.

Demikian artikel tentang mengoptimalkan kecepatan website anda, semoga dapat membantu anda. 


Artikel Terkait

Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website
Dipublikasikan
24 Oct 2017

Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda

Bermasalah dengan ukuran gambar saat posting ke website? anda bisa gunakan tools ini untuk melakukan resize gambar dengan cepat dan mudah.
Pertimbangan Sebelum Migrasi ke AMP
Dipublikasikan
11 Jan 2018

Kelebihan, Kekurangan, Serta Pertimbangan Sebelum Migrasi ke AMP

Mengetahui Kelebihan AMP dan Kekurangan AMP adalah cara mempertimbangkan migrasi ke AMP. Artikel ini akan menjelaskan tentang segala pertimbangan sebelum migrasi ke AMP.
Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website
Dipublikasikan
29 Oct 2017

Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Anda membutuhkan tools atau aplikasi untuk pantau kualitas website anda? anda dapat membaca artikel ini.
Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website
Dipublikasikan
8 Feb 2018

Mengenal Cara Kerja Mesin pencari dan Kaitannya Dengan Website

Mengetahui cara kerja mesin pencari dapat membantu dalam mengoptimasikan website & blog anda. Ketahui cara kerja mesin pencari dan kaitannya dengan web anda dari artikel ini.
Analisa Kekuatan Web Kompetitor dengan SEOquake
Dipublikasikan
1 Jan 2018

Analisa Kekuatan Web Kompetitor dengan SEOquake

Mudahkan optimasi web anda dengan menganalisis kekuatan kompetitor menggunakan SEOquake. Tools ini sangat mudah untuk dipakai dan menampilkan informasi yang cukup lengkap.