+6281 911 911 301

Akankah Popularitas Website Dikalahkan oleh Aplikasi Mobile?

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, beberapa tahun ini dunia bisnis dialihkan dengan penggunaan aplikasi mobile untuk sarana promosi. Banyak website toko online yang kemudian mengembangkan website mereka ke mobile aplikasi guna meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pelanggan dari pengguna smart phone.

Selain hal tersebut, dari sisi google juga melirik banyaknya pengguna smart phone yang menggunakan layanan pencarian google dalam mencari kebutuhan mereka. Google mulai mengembangkan teknologi yang bisa membuat pengguna smart phone yakni mobile dan tablet semakin nyaman melakukan browsing di internet.

Google kemudian mengembangkan projek open source yang diberi nama AMP (Accelerated Mobile Page). Dengan AMP, website yang dulunya lambat akan jauh lebih cepat dalam akselerasi memuat halaman website pada perangkat mobile dan tablet. Saat ini sudah banyak website yang melirik teknologi ini dan menerapkannya pada website mereka.

Baca juga: Sudahkah Website Semeton Bali Diperbaharui ke AMP?

Kedua teknologi baik itu dari sisi website dan mobile semakin berkembang dan mendapat tanggapan positif dari masing-masing pengguna. Kedua teknologi menunjukkan kemampuannya masing-masing berdasarkan bidangnya masing-masing.

Dari beberapa hal di atas, muncul sebuah pertanyaan:

“Akankah popularitas website akan dikalahkan oleh aplikasi mobile?”

Saya menjawabnya dengan tidak akan pernah.

"Kenapa demikian? Apa karna yang membuat artikel ini menawarkan jasa pembuatan website?"

Bukan seperti itu. Berikut beberapa alasan yang menjadi alasan saya mengatakan website tidak akan pernah dikalahkan oleh aplikasi mobile.

  1. Website memiliki pasar yang jauh lebih luas dibandingkan aplikasi mobile. Website bisa diakses dengan perangkat apa saja asalkan perangkat tersebut memiliki browser dan terdapat layanan internet. Sehingga kemungkinan untuk mendapat calon konsumen lebih luas dibandingkan dengan aplikasi mobile yang hanya bisa diakses dari smartphone yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan versi aplikasi.

    Untuk dapat menguasai pasar, tentunya dalam hal ini website telah teroptimasi dengan baik dan menempati posisi terbaik berdasarkan kata kunci yang dibidik.

  2. Sebagian besar aplikasi mobile saat ini merupakan pengembangan dari website. Coba anda lihat aplikasi sosial media maupun aplikasi tour dan hotel yang bisa di download di play store atau app store, sebagian besar berawal dari website.

  3. Website digunakan sebagai pengontrol aplikasi mobile. Karena keterbatasan resolusi dari perangkat yang digunakan, kecil kemungkinan pengontrolan sistem akan dilakukan melalui aplikasi mobile. Sering kali aplikasi mobile akan diintegrasikan dengan website, dimana website sebagai server dan aplikasi mobile sebagai client yang mengakses data yang tersimpan di server. Dengan website pengontrolan dan manajemen data akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan mobile.

  4. Website dapat di optimasi secara gratis untuk berada di posisi terbaik sesuai dengan kata kunci yang dibidik melalui teknik-teknik tertentu. Sedangkan aplikasi mobile akan sulit mendapatkan posisi terbaik di play store atau app store apabila tidak memiliki brand yang terkenal dan rating yang bagus.

  5. Harga pembuatan website jauh lebih murah dibandingkan dengan aplikasi mobile.

  6. Biaya maintenance website jauh lebih murah dibandingkan dengan aplikasi mobile.

  7. Aplikasi mobile terlalu cepat update karena perkembangan teknologi dari sistem operasi smart phone yang sangat cepat, sehingga butuh manajemen ekstra dalam maintenance aplikasi mobile. Berbeda dengan website, walaupun terdapat pengembangan versi PHP atau database, namun masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari website. Website melakukan update dan maintenance-nya di server sedangkan mobile melakukan update dan maintenance-nya di client dan server.

  8. Website cocok digunakan untuk berbagai kasus sesuai dengan kebutuhan yang ada, sedangkan aplikasi mobile cocok untuk pengusaha dalam bidang start up. Tentunya dalam hal ini membutuhkan modal yang besar untuk mengembangkan start up dan promosi aplikasi mobile.

  9. Website sebagai branding yang murah. Biaya pembuatan dan biaya maintenance yang lebih murah menjadikan website sebagai salah satu media branding yang murah. Kenapa demikian? Alasannya karena sifat website yang lues dengan berbagai perangkat desktop maupun mobile sehingga jangkauan lebih luas. Website sesuai dengan kemauan anda dan bisa dinamakan sesuai brand anda.

    Berbeda dengan mendaftar member di salah satu aplikasi mobile untuk mendapatkan pelanggan, brand yang anda miliki akan sangat bergantung pada ketahanan pihak ketiga. Apabila pihak ketiga tidak memperpanjang atau menonaktifkan aplikasi mobile tersebut, maka brand anda akan ikut dinonaktifkan.

    Jadi jika anda ingin menciptakan brand maka saya sarankan memilih website dan mempromosikan-nya melalui aplikasi mobile sesuai dengan bidang usaha anda.

  10. Website memiliki mesin pencari seperti google yang akan memberikan pelayanan terbaiknya dalam hal pencarian data. Sehingga website dengan informasi yang bagus akan tetap eksis dan mempertahankan popularitasnya.

Demikian beberapa alasan yang saya berikan tentang popularitas website dan aplikasi mobile. Website dan aplikasi mobile adalah sebuah perantara untuk anda dan pelanggan anda berkomunikasi. Selebihnya tergantung metode dan cara anda untuk bisa menarik minat pelanggan anda untuk mengenal brand anda dan memakai produk yang anda tawarkan.

Intinya maksimalkan media yang anda gunakan untuk mempromosikan usaha anda, maka media itu akan memberikan feedback yang sesuai dari hasil kerja keras anda. Begitu pula sebaliknya, anda malas membangun brand anda maka sehebat apapun media yang anda gunakan maka tidak akan ada feedback yang maksimal terkecuali anda banyak uang. Orang kaya mah bebas mau ngapain.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa sebagai pedoman bagi anda untuk bijak dalam mengambil sebuah keputusan.



Artikel Terkait

begini cara mengelola website bagi pemula
Dipublikasikan
2 May 2018

Begini Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Mengetahui cara mengelola website adalah salah satu syarat bagi admin website ataupun blogger. Ketahui lebih jauh cara mengelola web bagi pemula dengan mengunjungi artikel ini.
Jasa Pembuatan Web Tour dan Travel di Bali
Dipublikasikan
8 Jan 2018

Jasa Pembuatan Web Tour dan Travel di Bali

Butuh web tour atau travel untuk layanan wisata di Bali? kami bisa membantu anda dan memberikan layanan konsultasi gratis untuk optimasi web anda.
Amankan Web dan Amankan Posisi Pencarian Google dengan SSL
Dipublikasikan
28 Dec 2017

Amankan Web dan Amankan Posisi Pencarian Google dengan SSL

SSL selain digunakan sebagai pengaman data bisa juga dipakai sebagai penguat posisi pencarian di Google. Ketahui pengaruh SSL pada SEO website anda dengan mengunjungi artikel ini.
cara optimalkan meta description
Dipublikasikan
14 Nov 2017

Optimasi Meta description untuk Menarik Lebih Banyak Pengunjung di Impresi Pertama

Lakukan optimasi meta description untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk website anda. Ini adalah sebuah impresi pertama ketika user melihat website dalam hasil pencarian.