+6281 911 911 301

Pentingnya Etika Penggunaan Internet dalam Kehidupan Sosial Anda

Internet adalah salah satu media komunikasi yang dapat memudahkan seseorang dalam bertukar informasi dengan orang lain secara cepat dan tidak terbatas oleh tempat dan waktu. Di dalam perkembangan penggunaan internet yang kian hari semakin meluas, penting kiranya pengguna internet mengetahui tentang etika dalam berkomunikasi melalui internet.

Pengetahuan etika dalam menggunakan internet akan meminimalisir adanya dampak negatif dari penggunaan internet, dimana ketika anda menggunakan internet maka sebagian besar komunikasi yang anda lakukan dalam bentuk teks dan gambar. Walaupun teknologi sekarang sudah memungkinkan untuk melakukan telepon suara maupun video, namun sebagian besar aktifitas yang di lakukan di internet masih dilakukan dengan cara mengirim text dan gambar.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan dan memberikan anda pemahaman bahwa mematuhi etika dalam berkomunikasi melalui internet sangatlah penting. Saya akan mencoba menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi saya dan sekaligus mungkin juga pernah anda alami saat menggunakan internet sebagai media komunikasi. 

Sebelum melangkah kebagian kasus nyata terkait komunikasi melalui internet, saya akan menjelaskan etika apa saja yang mesti anda pahami disertakan contoh yang dapat mewakili dari penjelasan yang diberikan.

  1. Penggunaan huruf dan tanda baca, huruf dan tanda baca adalah hal yang sangat penting untuk anda ketahui ketika berkomunikasi di internet dengan chat atau membuat status di medi sosial ataupun berdiskusi pada grup diskusi di internet. Di dalam internet huruf mampu memberikan gambaran ekspresi anda saat menyampaikan hal yang menjadi pemikiran anda. Seperti contoh penggunaan huruf besar saat menulis chat atau status di sosial media memberikan makna yang relatif ke arah negatif. 

    Seperti contoh:

    "HARI INI SAYA SIBUK!!!!"

    dari penulisan di atas seseorang akan berfikir anda sedang marah dan tidak mau diganggu. Namun belum tentu ketika anda menuliskan kalimat di atas anda merasa marah, bisa saja anda hanya ingin menyampaikan bahwa hari ini anda banyak pekerjaan. Penggunaan huruf besar secara keseluruhan menggambarkan bahwa anda sedang ngotot, marah, kesal, dan lain sebagainya yang mengarah pada hal yang negatif. Kemudian ditambah dengan tanda seru yang berlebih menekankan penggambaran sebelumnya.

    Akan menjadi berbeda jika anda menulis

    "Hari ini saya sibuk."

    penulisan di atas akan menggambarkan bahwa hari ini anda sedang banyak pekerjaan. 

  2. Penyampaian informasi, penyampaian informasi adalah salah satu hal yang ingin dicapai dalam berkomunikasi di internet. Namun penyampaian informasi juga ada etika tersendiri dimana penyampaian informasi hendaknya disampaikan secara tepat sasaran dan mengikuti aturan dari grup diskusi jika anda ingin menyampaikan informasi pada grup atau forum diskusi. 

    Seperti contoh:

    Anda mempunyai usaha dalam bidang tour dan travel, kemudian anda masuk ke dalam grup atau forum diskusi mengenai jasa pembuatan website. Di dalam grup tersebut anda menawarkan usaha anda dengan menyebarkan produk usaha anda pada setiap diskusi dalam forum. Dari adanya hal tersebut maka besar kemungkinan anda akan di blokir dari grup tersebut. Alasannya adalah sederhana yaitu topik tidak sesuai diskusi dan informasi yang anda sampaikan secara otomatis akan dianggap spam.

    Selain hal di atas, penyampaian informasi hendaknya berdasarkan fakta dan tidak mengandung unsur kekerasan, SARA, dan pornografi yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan sosial anda maupun orang lain. Saat ini penyebaran informasi yang tidak sesuai fakta telah mengacaukan berbagai hal, akibatnya tidak main-main yaitu dapat memperkeruh suasana dan menimbulkan komflik sosial.

  3. Mematuhi hukum yang berlaku, di Indonesia terdapat undang-undang yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik yang anda dapat baca di sini. Di dalam UU tersebut telah di atur mengenai segala kebijakan yang perlu anda patuhi.

  4. Privasi diri dan orang lain, privasi adalah hal penting penting untuk anda jaga dan orang lain jaga. Privasi lebih mengarah ke kehidupan pribadi seseorang yang bukan merupakan hal yang bisa dikonsumsi publik. Dengan adanya hal tersebut, hendaknya anda membatasi komunikasi yang mengarah ke privasi anda maupun orang lain agar nantinya tidak ada permasalahan yang dapat merugikan anda ataupun orang lain.

Setelah mengetahui beberapa etika yang perlu anda terapkan dalam melakukan komunikasi di internet, pada bagian selanjutnya saya akan membagikan beberapa kasus dan alasan kenapa kasus tersebut bisa terjadi.

Maraknya Informasi Bohong atau HOAX yang Terjadi

Informasi bohong sangat mudah untuk disebarkan dan memperdaya para pengguna internet. Alasan mendasar dari mudahnya informasi ini beredar yaitu karena tidak adanya filter informasi dari pengguna internet baik itu pengguna website maupun sosial media. Filter informasi yang saya maksud adalah melakukan pencarian tambahan yang dapat dilakukan dengan mencari informasi lain yang relefan dengan kasus yang dialami. Informasi yang relefan dapat diambil dari situs yang memiliki reputasi yang baik seperti situs pemerintahan, situs lembaga riset, situs berita online yang mempunyai reputasi yang baik ataupun menanyakan langsung pada kerabat atau teman yang kiranya mengetahui tentang informasi tersebut.

Perlu di ingat dalam memilih referensi yang tepat untuk menjadi acuan dari informasi yang didapat hendaknya bersumber dari situs yang anda kenal sebagai situs dengan informasi yang akurat. Karena banyak beredar situs-situs berita yang menyampaikan informasi palsu dan tidak sesuai fakta demi menarik minat pengguna internet tanpa memperhitungkan fakta-fakta yang ada. Situs-situs tersebut biasanya membuat berita atau artikel yang lebih ke arah opini penulis yang dikembangkan berdasarkan imajinasinya sendiri dengan mengesampingkan fakta-fakta yang ada.

Masalah Keluarga yang Diakibatkan Sosial Media

Sosial media adalah salah satu media yang anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat ataupun orang baru yang belum anda kenal. Banyak hal positif yang bisa anda dapatkan melalui sosial media dan juga banyak hal negatif yang anda bisa dapatkan melalui sosial media.

Di dalam beberapa kasus, sosial media bisa menjadi awal timbulnya masalah di dalam keluarga baik itu perselingkuhan, pertengkaran yang diakibatkan oleh saling sindir di sosial media maupun masalah lainnya.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Banyak faktor yang menjadi alasan timbulnya permasalahan-permasalahan di atas, antara lain.
  1. Pengguna terlalu update dengan sosial media tanpa memikirkan privasi dan dampak sosial yang ditimbulkan. Terlalu update dalam hal ini yaitu sering kali pengguna mengungkapkan permasalahannya ke sosial media dimana sosial media ini sebenarnya bukan untuk curhat masalah pribadi. Sosial media sifatnya publik dimana semua orang bisa melihat semua informasi yang anda unggah ke internet. Dengan adanya hal tersebut akan muncul masalah baru jika informasi yang diunggah adalah informasi yang berkaitan dengan pengguna lain. Akan ada perdebatan-perdebatan yang berujung pada permasalahan antar pengguna di kehidupan nyata ataupun permasalahan antar keluarga.
  2. Pengguna tidak mematuhi etika penggunaan internet yang berdampak adanya kerugian untuk orang lain atau kelompok orang.
  3. Adanya kecemburuan sosial yang diakibatkan oleh informasi yang di unggah ke internet.
  4. Pengguna terlalu larut dalam kesenangan berkomunikasi dengan pengguna lain yang berujung berlanjut ke dunia nyata. Dalam beberapa kasus hal ini akan menimbulkan masalah baru dalam keluarga.

dan masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan permasalahan keluarga yang timbul dari media sosial. Dalam hal ini anda harus mematuhi etika dalam menggunakan internet dan etika penyampaian informasi, selain itu anda jangan sampai melupakan kehidupan nyata anda dan membandingkan dengan kesenangan yang anda dapat dalam internet.

Maraknya Akun Palsu dengan Mengatasnamakan Orang Lain

Dengan adanya kebebasan dalam pembuatan akun pengguna dalam internet khususnya sosial media, banyak terjadi kasus pemalsuan akun dengan motif penipuan. Ini sudah banyak terjadi dan tidak hanya merugikan sipemilik akun juga merugikan yang ditipu. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki kedudukan atau jabatan tertentu yang dianggap bisa menyelesaikan sebuah masalah dan didukung lagi dengan adanya akun yang memberikan data diri secara berlebih. 

Sekali lagi dalam hal ini adalah privasi yang dimanfaatkan orang lain. Semua dalam hal ini bersumber dari informasi yang anda unggah secara berlebih ke internet yang kemudian sekiranya dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggunga jawab untuk mendapat keuntungan dari adanya informasi tersebut.

Melihat dari adanya kasus tersebut, hendaknya anda sebagai pengguna internet lebih selektif dalam memberikan atau mencantumkan informasi yang merupakan data diri anda sendiri. Seperti contoh ada pengguna yang memposting kartu identitasnya sendiri ke internet. Ini sangat riskan untuk menjadi bahan penipuan, jangankan identitas diri seperti KTP atau SIM hanya sekedar foto dan nama saja bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Jika boleh saya katakan di sini, jangan terlalu pamer dengan kehidupan sosial anda, jangan hanya mencari kekaguman orang lain dengan capaian yang anda dapat saat ini kemudian anda melupakan di luar sana ada orang yang sudah menjadikan anda sebagai target atau objek penipuan.

Maraknya Pemerkosaan, Penculikan Anak dan Kejahatan Lainnya yang Berawal dari Sosial Media

Seperti halnya kasus-kasus yang lain, kasus ini diawali adanya penyampaian informasi yang berupa privasi ke publik. Seperti contoh kasus penculikan anak, berawal dari adanya orang tua yang melakukan check in di lokasi-lokasi tertentu bersama sang anak kemudian diunggah ke sosial media untuk menarik simpati orang lain. Dengan adanya penandaan lokasi maka oknum yang ingin berniat jahat sudah mengetahui kemana saja anak tersebut pada jam dan hari tertentu. Lokasinyapun sudah dikantongi belum lagi saat mengunggah postingan berisikan foto dari orang tua dan anak tersebut. Ini bisa menjadi mangsa yang datang tanpa perlu susah-susah mencarinya.

Begitupula dengan kasus pemerkosaan dan kejahatan lainnya, kebanyakan kasus berawal dari adanya komunikasi melalui sosial media karna merasa tertarik kemudian mau untuk diajak bertemu tanpa mencari tahu siapa yang dia ajak ketemu.

Intinya dalam hal ini adalah kurangnya pengetahuan pengguna tentang dampak buruk dari penggunaan internet jika digunakan tanpa mengikuti aturan atau norma yang ada. Sebagian besar hal kejahatan di internet karena disebabkan oleh keteledoran pengguna dalam memberikan informasi. 

Sekian artikel tentang pentingnya etika penggunaan internet untuk kehidupan sosial anda, smoga dengan artikel ini membuat anda lebih bijak dalam menggunakan internet dan mematuhi aturan atau norma yang berlaku.