+6281 911 911 301

Beberapa Tools untuk Pantau dan Jaga Kualitas Website Anda

Seperti halnya makluk hidup, website membutuhkan sebuah pengawasan dan perbaikan untuk bisa hidup dengan baik serta bersaing dengan website yang lain. Sayangnya website tidak bisa lakukan semua itu sendiri dan mereka butuh seorang administrator yang bersedia merawatnya hingga dia bisa berjuang sendiri.

Untuk mengetahui kebutuhan dari website dan kebutuhan dari mesin pencari tentunya anda harus belajar dalam melakukan optimasi halaman website anda (On Page SEO).

Anda dapat memanfaatkan berbagai macam tools yang bisa anda pakai dalam melakukan optimasi halaman website. Sebagai bahan referensi, anda dapat menggunakan beberapa tools yang sering saya gunakan dalam optimasi halaman dan artikel.

Screaming Frog SEO Spider

Dari nama aplikasinya anda sudah tahu apa kegunaan aplikasi ini. Aplikasi ini dapat anda instal secara gratis di komputer anda tentunya dengan batasan penggunaan. Jika anda ingin memakai semua fungsi pada aplikasi ini maka anda dapat membeli lisensinya. Sampai saat ini aplikasi ini sudah sampai pada versi 8.1.

Adapun yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini yaitu.

  1. Menemukan broken links dan server error.
  2. Analisa judul halaman dan meta data.
  3. Extract data dengan xpath.
  4. Membuat sitemap.
  5. Audit Redirects.
  6. Menemukan duplikat konten seperti judul dan meta data.
  7. Review Robots
  8. Integrasi dengan google analytics.

Aplikasi Screaming Frog ini sangat bagus untuk mengecek optimasi halaman website anda. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap. Selengkapnya tentang aplikasi ini dapat anda lihat dan download langsung ke website resminya scramingfrog.

Sinium SEO Tools

Jika anda pengguna smart phone, anda dapat menggunakan tools ini untuk mengecek kualitas website anda. Tools ini bisa dibilang kumpulan aplikasi untuk SEO dimana dalam aplikasi ini anda dapat melakukan pengecekan berikut.

  1. Pengecekan rangking website dengan Rangking Tools (alexa rank, MozRank, Page Authority, dan SEO Report Card).
  2. Pengecekan performa website dengan Performance Tools (DZIP Compression Test, Server Status, Webpage Speed Test, dan Image Optimizer)
  3. Pengecekan On Page SEO (meta tag analyser, meta tag generator, HTTP headers, keyword density, dan keyword suggestion)
  4. Pengecekan Off Page SEO (backlinks checker, backlink builder, dan search engine pinger)
  5. Blog/News SEO (article rewriter, word counter, grammer checker, dan wordpress ninja)

 

Selain kelima kelompok di atas, aplikasi ini masih memiliki tools lain yang dapat dimanfaatkan untuk optimasi dan pengecekan kualitas website anda. Anda dapat men-download aplikasi dengan gratis di play store atau app store pada smart phone anda.

SEO SERP Mojo – Rank Tracker

Dilihat dari namanya, aplikasi ini digunakan untuk melacak rangking website di mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo. Aplikasi ini dapat anda instal di smart phone anda secara gratis walaupun dengan fitur yang tidak penuh. Dari fitur gratis yang diberikan sudah cukup untuk melacak posisi website sesuai dengan kata kunci yang telah ditargetkan.

Pada aplikasi ini anda dapat melakukan pengecekan history peringkat website anda berdasarkan kata kunci. Namun ini karna free maka anda harus sedikit pro-aktif dengan membuka setiap hari aplikasi ini dan membiarkannya mencari rangking website anda. Dengan hal tersebut maka histori rangking website anda dapat anda lacak apakah mengalami penurunan atau bahkan sebaliknya.

Jika anda tidak mau ribet seperti yang saya jelaskan tadi, maka anda dapat meng-upgrade aplikasi ini dari free menjadi pro.

Live Keyword Analysis

Tools ini digunakan untuk menganalisis keyword density untuk artikel anda. Penggunaan dari tools ini sangat mudah yaitu dengan memasukkan text artikel pada form yang ditentukan kemudian mengisi kata kunci yang dibidik.

Secara otomatis sistem akan menampilkan berapa persen penampilan keyword dalam artikel anda. Selengkapnya anda dapat langsung berkunjung ke situ live keyword analysis.

Check Gzip Compresion

Dari namanya anda dapat mengenali bahwa situs ini untuk mengecek apakah website anda telah terinstal Gzip atau belum.

Seperti yang diketahui Gzip sangat mempengaruhi performa dari sebuah website, dimana gzip mempunyai kemampuan untuk mengkompres ukuran file website menjadi uukuran yang jauh lebih kecil. Bahkan hebatnya lagi Gzip mampu merubah ukuran mencapai 70% lebih kecil dari ukuran aslinya. Dengan hal tersebut maka secara otomatis load website akan jauh lebih cepat.

Selengkapnya tentang tools ini dapat di cek di situs resmi Check Gzip Compression.

Image Resizer

Tools ini sering saya gunakan untuk menjaga agar gambar yang dimiliki website saya berukuran kecil. Tools ini sangat mudah untuk digunakan dan sangat membantu saya dalam memantau ukuran gambar pada artikel. Selengkapnya tentang tools ini dapat membaca artikel saya sebelumnya terkait Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda.

Demikian beberapat tools yang bisa anda gunakan dalam memantau dan menjaga kualitas website anda. Tentunya masih ada banyak tools lain yang bisa anda gunakan dalam menjaga kualitas website anda.

Apapun tools yang anda gunakan tidak menjadi masalah jika anda sudah mengetahui inti dari sebuah optimasi website. Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

cara mempercepat load website
Dipublikasikan
29 Apr 2018

Optimasi Bagian Ini, Maka Load Website Anda Akan Lebih Optimal

Dengan mengetahui cara mempercepat loading website maka tahap awal optimasi website anda telah tercapai. Kunjungi artikel ini dan ketahui bagian mana yang perlu anda optimasikan.
Mempercepat Index dan Reindex Google atau blog
Dipublikasikan
16 Jan 2018

Cara Mempercepat Index dan Reindex Google Terhadap Artikel atau Blog

Mempercepat index artikel atau website oleh Google adalah tahap awal untuk mendapatkan perengkingan artikel atau web. Ketahui cara mempercepat index & reindex dari artikel ini.
Dipublikasikan
18 Dec 2017

Penggunaan Hreflang untuk Penargetan Internasional

Tag hreflang akan membantu website anda dalam menemukan pengguna yang spesifik dengan target pasar yang diinginkan.
Keuntungan Menjadi Blogger
Dipublikasikan
4 Jan 2018

Cari Tahu Keuntungan Menjadi Blogger Agar Makin Keren dan Beken

Menjadi seorang blogger tentunya akan memiliki keuntungan dan kerugian. Pahami keuntungan dan kerugiannya agar anda bisa menjadi keren dan beken.
Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap
Dipublikasikan
13 Nov 2017

Mudahkan Google Bot Memetakan Website Anda dengan Sitemap

Mudahkan google bot dalam memetakan website anda melalui sitemap sehingga artikel anda akan lebih mudah untuk di index.
Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website
Dipublikasikan
24 Oct 2017

Cara Cepat Resize Gambar untuk Postingan Website Anda

Bermasalah dengan ukuran gambar saat posting ke website? anda bisa gunakan tools ini untuk melakukan resize gambar dengan cepat dan mudah.